Kisah Sedih Hidup Irwan Yusuf Ayah Marshanda Hingga Jadi Pengemis


Kisah Sedih Hidup Irwan Yusuf Ayah Marshanda Hingga Jadi Pengemis>


TAK ada yang tahu garis nasibnya akan seperti apa. Ibarat roda pedati, kadang di atas, kadang di bawah. Begitu pula dengan Irwan Yusuf, ayah Marshanda. Pernah menikahi putri pengusaha hotel Rianty Sofyan, pada 25 Maret 2016, ia ditangkap petugas Dinas Sosial Jakarta saat sedang berdiri di pinggir jalan dan mengemis meminta belas kasihan dari pengguna jalan. Irwan Yusuf dan Rianty bercerai saat Marshanda masih kecil. Ada yang menyebut saat mereka berpisah usia Marshanda masih 5 tahun, ada pula yang mengatakan 8 tahun.
 
Marshanda sendiri dalam sejumlah postingannya di akun media sosial, beberapa kali menyebut merindukan ayahnya. Dia bahkan membuat syair dalam bahasa Inggris untuk ayahnya itu.

Lalu, bagaimana kondisi Irwan Yusuf sebelum terjaring penertiban oleh Dinas Sosial?
Menurut Kompas.com, kepada petugas yang menanyainya, Irwan mengaku hidup menggelandang dan mengemis sejak tiga bulan lalu. Irwan juga mengaku bercerai dari Riyanti sejak 15 tahun silam.

Beberapa waktu lalu, Irwan bekerja di salah satu bengkel di Jalan Bangka dengan gaji pas-pasan. Hidup Irwan tidak menentu sejak bengkel itu bangkrut dan tidak mendapat pesangon.

"Dia mengemis karena bingung dan lapar. Bayar kontrakan saja susah. Jalan satu-satunya minta belas kasihan orang di jalan," ujarnya.

Sementara situs Suara.com melaporkan, sebelum menjadi gelandangan Irwan Yusuf pernah tinggal di rumah kost di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Dia kemudian diusir pemilik kost karena gaya hidupnya yang jorok.

"Dia beda hidupnya dari dulu. Lebih ke cuek. Pakai baju kotor terus. Padahal udah mandi tapi bajunya itu lagi itu lagi," kata Heru, salah seorang warga mampang ditemui Suara.com di rumahnya, Minggu (27/3/2016).

Kehidupan Irwan mulai tak jelas sejak diusir. Tak punya uang dan tempat tinggal lagi, dia kemudian tidur di mushala yang tak jauh dari rumah kostnya.

"Sampai tau-tau dia balik lagi udah kotor dan nggak kerawat. Dibiarin suka tidur di mushola sini. Mungkin orang sini juga udah tau dulunya dia pernah tinggal di sini," cerita Heru.
Lantaran dianggap mengganggu kenyamanan warga, Irwan sempat ditegur oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) di kawasan setempat. "Karena dia suka buang air besar sembarangan, cuma ditutup tanah sama dia, udah bikin nggak nyaman lah," ujar Heru.

"Dulunya dia suka ke arah Pasar Buncit. Belakangan dia balik ke sini udah kotor, kayak orang depresi. Tapi masih nyambung sih kalau diajak ngomong," katanya lagi.

Heru pun terkejut ketika Irwan diamankan oleh Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial DKI Jakarta saat sedang mengemis di kawasan Bangka, Jakarta Selatan baru-baru ini. "Tiga tahun lalu masih normal soalnya," ujarnya.

Marshanda sendiri sudah menemui ayahnya tadi pagi. Kepada awak media, Marshanda mengatakan mendapat kabar ayahnya terjaring razia pengemis dari seorang temannya.

"Semalam aku dapat kabar dari temanku, dia kirim link berita tentang Papa dan ada fotonya, emang benar (itu Papa)," kata Marshanda, di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (28/3/2016), seperti dilansir Kompas.com




Marshanda mengaku tak kaget akan kejadian tersebut. "Jadi aku enggak kaget sih karena ini sudah cerita lama di keluargaku," ujar Marshanda.

Marshanda mengungkapkan, saat ia berumur 7-8 tahun, ayahnya bercerai dengan ibunya. Sejak itu, Marshanda kehilangan kontak dengan ayahnya. Kendati demikian, saat berusia 15 tahun dan 19-20 tahun, Marshanda pernah bertemu dengan ayahnya.

Namun, keduanya kembali hilang kontak. "Lost contact lagi, terus sekarang saja aku habis lost contact dua tahun sama Papa. Jadi buat aku, ini malah good news ya bisa ketemu Papa lagi," ujar Marshanda.

Diakui Marshanda, ketika bertemu, ayahnya memang dalam kondisi ekonomi tidak baik.
Marshanda mengaku sudah membantu ayahnya bersama keluarga. "Dari keluarganya Papa sudah membantu men-support dan terus men-support juga semaksimal yang mereka bisa. Begitu pula dengan aku," ujar Marshanda.

Semasa mudanya, Irwan Yusuf diketahui bersekolah di SMA 8 Jakarta dan tinggal dengan orang tua di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.  Irwan punya seorang adik bernama CynthiaYusuf. Cynthia adalah seorang model yang terkenal di era tahun 1990. Cynthia berhenti dari karier modelnya  setelah dinikahi oleh anak kedua konglomerat asal Aceh Ibrahim Risjad yang bernama Rizal Risjad.
[]
Baca juga:
Ayahnya Terjaring Razia Pengemis, Begini Curahan Hati Marshanda 

Heboh Leonardo DiCaprio Diam-diam ke Aceh

Komentar