Pajang Foto Bersama Gajah, Leonardo DiCaprio Dukung Petisi Selamatkan Leuser

Leonardo DiCaprio berpose bersama gajah saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh, 27 Maret 2016
Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio mengejutkan publik Indonesia dengan kehadirannya yang tiba-tiba di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Tenggara pada Minggu, 27 Maret 2016 lalu. Sebelumnya, ia memang dikabarkan akan ke Indonesia, tapi tujuannya adalah ke Palembang, bukan Aceh.

Di akun Twitter miliknya, Leonardo juga tak memberi sinyal apapun bahwa dirinya akan ke Aceh. Status terbaru di Twitternya dibuat pada 26 Maret 2016, sehari sebelum ia menginjakkan kaki di Taman Nasional Gunung Leuser.

Muncul pertanyaan, apa misi Leonardo ke Aceh kali ini?

Hari ini, Selasa, 29 Maret 2016, akhirnya teka-teki itu terjawab. Leonardo memasang foto dirinya dengan Gajah Sumatera sambil menulis,"Stand with @haka_sumatra to #SaveLeuserEcosystem: http://chn.ge/1pSAiiv"

Menariknya, ia melampirkan tautan petisi yang menuntut Presiden Jokowi, Menteri Dalam Negeri, dan Gubernur Aceh untuk menyelamatkan Ekosistem Leuser.

Petisi itu dibuat oleh Dahlan M. Isa, dan hingga hari ini telah mendapat dukungan dari 3.838 orang, dan masih diperlukan dukungan minimal dari 1.162 orang lagi.

Dalam petisi itu disebutkan, Pemerintah Aceh kini tidak lagi melindungi Leuser secara khusus. Dalam Tata Ruang yang baru, ekosistem Leuser disamakan dengan hutan lain di Aceh dan hanya disebut Hutan Aceh. Padahal, Menteri Dalam Negeri telah meminta agar Rencana Tata Ruang itu ditinjau ulang dengan memasukkan Leuser sebagai Area Strategis Nasional.

"Namun review Mendari itu tidak digubris oleh Pemerintah Aceh," tulis Dahlan.

Itu sebabnya, Dahlan meminta Presiden Jokowi membatalkan Rencana Tata Ruang Aceh 2013 - 2033 yang mengeluarkan Ekosistem Leuser dari kawasan strategis. "Pembatalan itu akan menjadi awal yang bagus untuk membuat Rencana Tata Ruang baru yang sesuai dengan kepentingan orang Aceh."[]

Komentar