Mau Jadi Orang Kaya? Latih Dirimu Lakukan 6 Hal Ini Setiap Hari




Mau Jadi Orang Kaya? Latih Dirimu Lakukan 6 Hal Ini Setiap Hari
>> Rasanya tidak ada orang yang tidak ingin menjadi kaya. Meski uang atau kekayaan bukanlah segalanya, tetapi dengan memiliki kekayaan banyak hal yang bisa kita lakukan. Karena itu, harta atau kekayaan akan tetap menjadi salah satu hal yang dicari manusia di muka bumi ini.

Seringkali kita membaca dari biografi orang-orang kaya di dunia, mereka mengalami banyak hal menyakitkan sebelum akhirnya sampai di puncak yang mereka idam-idamkan. Mereka rela mengubah kebiasaan mereka dan menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat langkah mereka meraih kekayaan. Alih-alih berpikir tidak bisa mewujudkan impiannya, mereka justru memotivasi diri sendiri bahwa mereka bisa meraih cita-citanya. Dengan begitulah, api semangat dalam diri mereka terus menyala dan tidak menyerah sebelum cita-citanya tercapai.

Apa saja hal yang harus dilakukan untuk menjadi orang kaya? Situs Entrepreneur.com dalam sebuah artikel pada 23 April 2016 memberikan 6 tips berikut ini yang bisa menjadi panduan anda.

1. Tak henti belajar.
Belajar bukan berarti anda harus kembali ke bangku sekolah. Tidak. Yang dimaksud adalah anda sebaiknya memperbanyak membaca buku, berdiskusi, atau belajar dari orang telah duluan berhasil di bidangnya. Dengan begitu anda akan mendapat ide-ide baru untuk mewujudkan keinginan menjadi orang kaya. Banyak orang yang telah berhasil meraih kekayaan dengan terus mengembangkan wawasan dan pengetahuannya.

2. Temukan tujuan

Untuk apa anda hidup? Mengapa anda ingin kaya? Temukanlah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Dengan begitu, anda akan termotivasi untuk meraih kesuksesan financial. Misalnya, ada orang yang ingin menjadi kaya agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Nah, dengan adanya tujuan ini, langkah anda akan semakin jelas untuk menemukan solusinya. Jangan lupa, tetapkan tujuan jangka pendek. Misalnya, dalam 5 tahun ke depan, anda akan seperti apa? Dalam 10 tahun ke depan, anda ingin akan berada di mana? Jika tujuan ini sudah anda tetapkan, berusahalah meraihnya.





3. Rencanakan hidupmu


Hidup yang terencana akan membuat kamu punya arah dan tujuan. Misalnya, sebelum tidur malam, pikirkan apa rencanamu besok pagi ketika terjaga? Dengan begitu, saat terbangun, kamu sudah punya sesuatu untuk dilakukan dengan penuh semangat. Ini sekaligus menghindarkan kamu dari risiko buruk yang mungkin saja terjadi. Ini seperti orang yang pergi ke suatu tempat baru: bagus mana, punya peta atau tidak? Tentu bagus yang punya peta. Kemungkin tersasar lebih kecil karena sudah punya peta panduan.

4. Ciptakan jaringan seluasnya
Memiliki jaringan pertemanan yang luas sudah pasti akan mempermudah hidupmu. Kalau punya kenalan di kota lain, jangan dilupakan, tapi tetap dirawat. Di zaman internet sekarang ini, kamu bisa saling bertukar kabar lewat jejaring sosial. Suatu saat ketika kamu menghadapi masalah, mereka bisa menjadi orang yang dapat kamu mintai sarannya untuk menemukan solusi. Namun, harus diingat, jauhilah mereka yang membawa aura negatif karena dapat memberi dampak buruk bagi kamu.

5. Bikin catatan harian

Pada suatu waktu dulu, orang-orang pernah punya diary untuk mencurahkan isi hati dan mencatat peristiwa baik dan buruk yang mereka alami setiap hari. Sekarang, di era internet dan sosial media, catatan-catatan itu bisa dituliskan di Facebook. Namun, jika kamu tidak mau dibaca orang lain, cukup siapkan buku catatan kecil dan tulislah pengalamanmu setiap hari. Selain melatih kemampuan mengingat kembali yang terjadi hari itu, kebiasaan ini sekaligus membuat kamu lebih peka dalam melihat kondisi sekitarmu.

6. Berolahraga
Jangan remehkan olahraga. Kegiatan ini bisa membuat kamu lebih bugar sehingga siap menghadapi kondisi terburuk sekalipun. Ingat, di dalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Bayangkan, jika kamu tidak sehat, untuk bergerak saja rasanya malaskan? Jika sudah begitu, kemungkinan menjadi kaya pun kian menjauh. Karena itu, jaga kesehatan untuk meraih keinginanmu menjadi orang kaya secara keuangan. []

Komentar