Kebakaran Diponegoro: Gudangnya Terbakar, Istana Kado Masih Berdiri Tegak





Toko Istana Kado yang menjual pernak-pernik peralatan rumah tangga adalah satu-satunya toko yang selamat dari musibah kebakaran di deretan pertokoan Jalan Diponegoro Banda Aceh pada Minggu subuh, 16 Oktober 2016.  Sementara 9 toko lainnya yang sederet dengannya ludes dilalap si jago merah.  Meski begitu, 4 pintu toko gudang Istana Kado di bagian belakang, ikut menjadi korban.

Amatan di lokasi kejadian, toko Istana Kado di bagian depan terlihat masih lengkap. Isi tokonya juga tidak ada yang terbakar. Sekitar pukul 10.00 WIB, saat petugas pemadam kebakaran masih bekerja memadamkan api, sejumlah pekerja toko Istana Kado terlihat keluar masuk toko.

“Toko ini tidak terbakar karena petugas pemadam kebakaran memotong laju api yang hendak menuju ke toko ini sebelumnya,” kata seorang petugas pemadam kebakaran di lokasi kejadian.

Foto ini diunggah oleh akun Facebook Suwardi Jamal, 16 Oktober 2016
Toko Istana Kado dikenal oleh warga Banda Aceh sebagai toko yang menjual kebutuhan rumah tangga. Toko ini termasuk salah satu toko favorit warga kota untuk berbelanja kebutuhan peralatan rumah tangga. Setiap hari, toko ini tak pernah sepi pengunjung.

Seperti dikabarkan sebelumnya,  kebakaran deretan pertokoan di jalan Diponegoro Banda Aceh melalap 14 pintu toko: 9 di bagian depan, dan 4 toko di belakang yang merupakan gudang Istana Kado.

Sejauh ini, belum diketahui pasti darimana sumber api. Ada yang menyebut dari gudang istana kado, ada pula yang mengatakan dari warung mie kocok si Doel. Polisi masih bekerja melacak sumber api.

Sembilan toko di jejeran depan yang ludes terbakar diantaranya: sebuah toko fotocopy, Dinamik marine, mutiara kafe, mie kocok jroh, mangga dua, dan mie kocok si Doel. 

Usai peristiwa kebakaran, polisi menutup jalan Diponegoro dari arah Pasar Aceh. Polisi juga mengerahkan mobil water canon untuk membantu armada pemadam kebakaran.[] 

Komentar